Cara Mencegah Ransomware WannaCry Yang Mengunci File Di Laptop/PC

Cara Mencegah Ransomware WannaCry Yang Mengunci File Di Laptop/PC – Baru – baru ini sebagian orang di resahkan oleh adanya sebuah virus malware ganas ransomware wannCry yang menyerang laptop atau PC. Dan virus ransomware wannacray saat ini tengah populer di indonesia, beberapa perusahaan yang ada di indonesia menjadi salah satu incaran dan sebagian perusahaan sudah terkena efeknya, jenis virus yang sudah di sebar adalah wanncray atau wanna decryptor virus ini dapat bekerja secara langsung membuat file dan berkas yang ada pada laptop atau PC menjadi terkunci, untuk itu dalam hal ini kita harus waspada dan jangan khawatir karena kami akan memberikan beberapa trik dan cara yang bisa anda lakukan dalam upaya pencegahan virus ransomware wannacry yang mungkin bisa mengancam pada laptop atau PC kita.

Dalam hal ini tentunya anda harus tahu ciri – ciri laptop atau PC yang terjangkit atau terkena virus ransomware wannacry yakni mengunci file yang ada di laptop atau PC. Penyerang melakukan upaya dengan memanfaatkan kelemahan pada server massage block (SMB ). Biasanya virus jenis ransomware menyerang pada laptop atau PC yang berbasis OS, dan pihak penyerang meminta berupa tebusan supaya file atau data yang ada pada laptop atau PC kembali normal, dan biasanya pihak penyerang memberikan jangka waktu yang di tentukan untuk dapat mengoptimalkan beberapa data dan file yang terkunci dan jika seandainya tak memenuhi pihak penyerang maka data dan file yang ada pada laptop atau PC anda akan di hapus secara permanen.

Cara Mencegah Ransomware WannaCry

Bagaimana Mencegah Penyebaran Virus Ransomware Wannacry

Untuk mencegah serangan virus ransomware wannacry memang cukup mudah, anda bisa melakukan dengan cara mengupdate windows pada laptop atau PC dengan versi terbaru secara berkala di security patch versi baru dari microsoft, pada umumnya virus ini menyerang PC atau laptop dengan berbasis windows 10. Sebaiknya jangan mengaktifkan fungsi marcos dan update anti virus seperti avast yang saat ini sudah bergerak dalam mencegah ransomware. Dan lakukan back up setiap kali anda melakukan perubahan data dan file penting, dan simpan pada tempat yang aman.

Tips Dan Cara Mudah Mengatasi Ransomware WannaCry

  1. Masuk ke safe mode.
  2. Klik safe boot -> minimal klik ok dan restart.
  3. Kemudian masuk ke control panel pilih folder options, show hidden file kemudian cek apply.
  4. Masuk ke ms config kemudian startup -> disable program yang mencurigakan yang tak di ketahui kemudian klik ok dan exit without restart.
  5. Hapus semua data atau file yang berbahaya.
  6. Periksa folder berikutnya untuk menemukan file yang mencurigakan, %TEMP%%APPDATA%%Program data% kalau ada file mencurigakan wannacry langsung hapus.
  7. Lalu cek host file, karena itu bisa corupt dengan virus letak host C windows\ system32\driver\etc\ nanti ada file atau data host dan selanjutnya buka pake notepad, jika ada situs yang di ketahui maka langsung hapus.
  8. Setelah itu anda masuk lagi ke msc config terus disable safe mode klik ok dan restart
  9. setelah kita restart jika tak ada deryption tool sekarang anda bisa merestore file dari back up atau mengembalikan folder yang terpisah.
  10. Setelah itu anda bisa melihat versi lama dari file atau data yang terserang atau terinfeksi.
  11. Hapus file yang bernama readme txt WCRY license txt WCRY history txt WCRY !please read me! Txt !wanna decryptor! Exe.

Itulah beberapa trik yang bisa anda lakukan dalam upaya pencegahan virus ransomware wannacry, mungkin itu saja dari kami untuk ulasan Cara Mencegah Ransomware WannaCry semoga bermanfaat.

Cara Mencegah Ransomware WannaCry Yang Mengunci File Di Laptop/PC | Admin | 4.5